News " Jobdesk Operator Permainan di Game Arena, Tugas dan Tanggung Jawab "

Jobdesk Operator Permainan di Game Arena, Tugas dan Tanggung Jawab

A. Pengertian Operator Permainan

Kembali membahas Jobdesk, tugas dan tanggung jawab operator, kali ini yang akan dibahas adalah Operator Permainan yang biasanya bekerja di Game Area seperti Time Zone, Funworld, atau bahkan yang kelas besar seperti Dunia Fantasi atau Trans Studio. Sebelum membahas tugas dan tanggung jawab operator permainan ini kembali perlu diingatkan bahwa kata operator itu sendiri berasal dari bahasa inggris, operate, yang artinya mengoperasikan, dilihat dari dasar katanya ini maka operator bisa diartikan seseorang atau sekumpulan orang yang mengoperasikan suatu alat kerja. Dalam hal ini operator permainan bisa diartikan seorang atau sekumpulan orang yang mengoperasikan alat alat dan mesin mesin permainan yang biasa ada di arena permainan. Untuk tugas dan tanggung jawabnya, mari kita lanjut ke paragraf selanjutnya di bawah ini.


B. Tugas Operator Permainan

Dalam kesehariannya seorang operator permainan bertugas untuk ;

1. Menyalakan mesin permainan di awal kerja

Jam kerja seorang operator permainan biasanya berada di satu jam sebelum arena bermain dibuka untuk umum. Jadi bila arena bermain dibuka mulai pukul 8, biasanya seorang operator permainan harus sudah mulai masuk maksimal pada pukul 7. Hal ini dikarenakan terkadang ada beberapa mesin yang harus dipanaskan terlebih dahulu. Jadi pada saat pelanggan datang untuk mencoba mesin atau alat permainan  tersebut, mesin sudah siap dioperasikan dan pelanggan tidak perlu menunggu lagi. Mesin mesin atau alat permainan yang harus dipanaskan terlebih dahulu seperti ini biasanya adalah mesin mesin atau alat permainan berukuran besar atau membutuhkan energi listrik yang besar seperti halilintar, tornado, komidi putar, dan lain lain.

2. Menyalakan mesin atau alat permainan bagi pelanggan

Untuk mesin atau alat permainan yang tidak perlu dipanaskan terlebih dahulu seperti kuda kudaan atau mobil mobilan kecil, operator permainan bertugas untuk membantu menyalakan alat permainan tersebut karena biasanya pelanggan atau klien yang menggunakan alat alat tersebut adalah anak kecil. Biasanya media untuk menyalakan alat alat tersebut berupa koin atau kartu anggota yang bisa di isi ulang saldonya.

3. Mengecek aspek keamanan dan kenyamanan alat alat permainan

Setelah mesin atau alat bermain dinyalakan, seorang operator permainan harus melakukan pengecekan terhadap aspek keamanan bagi pelanggan seperti sabuk, helm, sarung tangan, pelampung, dan lain lain dengan jenis dan bentuk permainan yang berbeda beda. Dari segi kenyamanan, pastinya yang perlu diperhatikan adalah aspek pendukung lainnya seperti kondisi alat dan kebersihannya.

4. Melakukan pengecekan secara berkala terhadap alat alat tersebut

Terhadap alat alat permainan yang sudah ada, operator permainan juga bertugas melakukan perawatan yang diikuti dengan pengecekan secara berkala terhadap alat alat permainan yang sudah ada. Perawatan dan pengecekan secara berkala ini bertujuan untuk menghindari dan meminimalisir kesalahan alat yang menyebabkan kecelakaan yang dialami oleh pengunjung.

5. Memberikan pengarahan kepada pengunjung

Kepada pengunjung baru yang belum mengetahui tata cara dan persyaratan terkait penggunaan alat permainan, operator permainan bertugas untuk memberikan pengarahan.

6. Menjaga kebersihan lingkungan kerja

Demi kenyamanan pelanggan, sudah sepatutnya operator permainan menjaga kebersihan lingkungan kerja dan memberikan teguran secara sopan santun terhadap pelanggan yang justru sebaliknya (tidak menjaga kebersihan).

7. Membuat laporan

Terkait tugas tugas yang telah dilakukan, tugas terakhir dari seorang operator permainan adalah membuat laporan yang akan dipertanggungjawabkan terhadap atasannya nanti. Dari laporan ini juga dapat dilihat pencapaian dari kinerja operator tersebut selama tenggang waktu yang ditentukan olah perusahaan.

C. Tanggung Jawab Operator Permainan

Dalam melakukan kinerjanya, seorang operator permainan bertanggung jawab untuk
1. Memastikan kepuasan pengunjung dengan pelayanan yang prima
2. Memastikan kenyamanan pengunjung dengan menjaga dan memelihara peralatan kerja.
3. Memastikan kebersihan lingkungan kerja.
4. Memastikan target yang ditentukan perusahaan terpenuhi dengan baik.
5. Memastikan laporan kerja terselesaikan dan diterima oleh atasan sebagai bahan review.
6. Menjaga nama baik perusahaan.

D. Kualifikasi Operator Permainan
Untuk menjadi seorang operator permainan, biasanya dibutuhkan seorang kandidat dengan pengalaman minimal 0-1 tahun, artinya seorang fresh graduate pun sah sah saja untuk mengisi posisi ini karena tingkat kesulitan kerja yang tidak begitu tinggi. Dari segi pendidikan, ijazah minimal untuk mengisi posisi ini biasanya SMA sederajat.

E. Keahlian Khusus

Dari segi keahlian khusus, yang lebih dibutuhkan untuk mengisi posisi ini lebih cenderung ke sikap. Karakter yang ramah, supel, mampu beradaptasi dengan pengunjung adala poin sikap utama untuk mengusi posisi ini. Hal pendukung lainnya biasanya adalah memiliki penampilan yang menarik, dan bersedia bekerja dengan target dengan kondisi dibawah tekanan.

Berikut itulah jobdesk, tugas dan tanggung jawab operator permainan  yang bisa dipaparkan. Jika dirasa artikel ini bermanfaat silakan dishare, jika terdapat kesalahan atau kekurangan silakan ditambahkan di kolom komentar.

Salam

0 Response to "News " Jobdesk Operator Permainan di Game Arena, Tugas dan Tanggung Jawab ""

Post a Comment